Sotong Pangkong

Sotong Pangkong
 

Pontianak - Setiap wilayah punya hidangan istimewa tersendiri saat bulan Ramadan. Di Pontianak, ada satu hidangan yang selalu ditunggu untuk jadi menu berbuka ataupun sahur. Namanya sotong pangkong, yaitu sotong bakar yang disajikan dengan saus. Rasanya gurih nikmat dengan sedikit rasa pedas. Nyam, lezaaat!

Sejak puluhan tahun lalu, sotong pangkong sudah jadi hidangan yang paling dicari saat bulan Ramadan. Dibuat dari sotong atau cumi yang dibakar di atas arang, kemudian dipukul-pukul dengan menggunakan palu. Fungsinya agar daging sotong yang agak keras bisa lebih empuk.

Sotong pangkong ini tak diberi bumbu macam-macam karena sudah ada rasa gurih alami. Rasanya gurih kenyal dengan aroma harum. Sotong pangkong biasanya disajikan dengan beberapa jenis saus. Ada yang menyajikannya dengan saus kacang, ada juga yang menikmatinya bersama kuah asam pedas manis dari racikan cabai dan cuka.

Di ibukota Kalimantan Barat tersebut, sotong pangkong banyak dijajakan di pinggir jalan. Harganya berkisar antara Rp. 5.000 hingga Rp. 20.000 seporsinya. Tak hanya jadi menu saat berbuka dan sahur, namun sotong pangkong juga sering dinikmati masyarakat Pontianak usai melaksanakan sholat Tarawih.

Komentar

Postingan Populer