Sejarah Penemuan Kertas



KERTAS adalah bahan yang tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Serat yang digunakan biasanya adalah alami, dan mengandung selulosa dan hemiselulosa. Sebelum ditemukan kertas, bangsa-bangsa dahulu menggunakan tablet dari tanah lempung yang dibakar serta batu,daun kayu, bambu, kulit atau tulang binatang, sutra, bahkan daun lontar yang dirangkai.
Adanya kertas merupakan revolusi baru dalam dunia tulis menulis  dan Tsai Lun yang pertama kali menemukan kertas dari bahan bambu yang mudah didapat di seantero China pada tahun 101 Masehi. Penemuan ini akhirnya menyebar ke Jepang dan Korea seiring menyebarnya bangsa-bangsa China ke timur.
Teknik pembuatan kertas sempat dirahasiakan oleh bangsa cina dan akhirya pada tahun 751 Masehi pada masa Abbasiyah terutama setelah kalahnya pasukan Dinasti Tang dalam Pertempuran Sungai Talas,teknik pembuatan kertas para tawanan-tawanan perang mengajarkan cara pembuatannya. sehingga dizaman Abbasiyah, muncullah pusat-pusat industri kertas baik di Baghdad maupun Samarkand dan kota-kota industri lainnya, kemudian menyebar ke Italia dan India lalu Eropa khususnya setelah Perang Salib dan jatuhnya Grenadadari bangsa Moor ke tangan orang-orang Spanyol serta ke seluruh dunia.
Dengan berkembangnya Zaman, Di tahun 1799, seorang Prancis bernama Nicholas Louis Robert menemukan proses untuk membuat lembaran-lembaran kertas dalam satu wire screenyang bergerak alat ini kini dikenal sebagai mesin Fourdrinier.
 Berikut Proses PEmbuatan Kertas Pada Jaman Tsai Lun

  




















Komentar

Postingan Populer